Kamis, 16 Oktober 2014

Jekardah


Let me introduce about my city but not my hometown. Cuma tinggal sih tapi ya lumayan lama lah. Jakarta? Kalo kita ngomongin Jakarta ga ada abisnya. Banyak yang bilang jakarta itu tempat orang mengadu nasib, tempatnya anak-anak gaul, tempatnya kriminalitas, tempatnya gedung-gedung pencakar langit, yang paling parahnya dibilang gudangnya maksiat (ini sadis okesip). But, one thing I always remember about Jakarta, Jakarta itu...... 'Keras'. Kata orang kalo mau hidup di Jakarta harus punya tekad. jangan mudah goyah, kuat iman juga tuh yang paling penting.


        Tapi Jakarta ga sesadis itu kok, banyak dari kota Jakarta yang menarik. Ciri khas Jakarta itu kata orang tugu Monas (Monemen Nasional). Monas atau Monumen Nasional merupakan icon kota Jakarta. Terletak di pusat kota Jakarta, menjadi tempat wisata dan pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Monas didirikan pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961.

Monas mulai dibangun pada bulan Agustus 1959. Wilayah taman hutan kota di sekitar Monas dahulu dikenal dengan nama Lapangan Gambir. Kemudian sempat berubah nama beberapa kali menjadi Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas dan kemudian menjadi Taman Monas.


Ada juga budayanya. Budaya yang paling terkenal di Jakarta itu budaya Betawi. Betawi memiliki cukup banyak tarian tradisional yang hidup dan berkembang dalam kebudayaan masyarakatnya. Tarian Betawi terbentuk dari proses asimilasi berbagai kebudayaan, seperti Melayu, Arab, Cina, Portugis, India, dsb. Tarian Betawi juga mempunyai ciri khas sendiri, yaitu penggunaan suara musik pengiring yang riang serta gerakan-gerakan tari yang dinamis. Ada lima jenis tarian Jakarta yang paling populer yaitu tari Topeng Betawi, tari Yapong, tari Cokek, tari Lenggang Nyai, tari Japin.
     


       
Selain tariannya Betawi juga terkenal dengan makanannya. Banyak makanan Betawi yang enak dan diminati oleh para wisatawan lokal maupun interlokal. Contohnya ada kerak telor, nasi uduk, nasi ulam, ketupat sayur/lontong sayur, gado-gado, ketoprak, dan lain-lain. Kalo kalian ke Jakarta ga adol banget kalo kalian ga nyobain makanannya guys. So, come visit Jekardah :))

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar